Pimpinan Media Cetak di Sulut Bagi Ilmu Jurnalistik ke P/KB GMIM di Zebaoth Paniki Bawah



PESERTA Lokakarya Jurnalistik P/KB GMIM Rayon Manado foto bersama dengan Ketua P/KB Sinode GMIM, Stefa BAN Liow dan Sekretaris P/KB Sinode GMIM, Herwyn Malonda, Sabtu (22/11/2014)

PRIA Kaum Bapa (P/KB) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Rayon Manado, semangat mengikuti Lokakarya Jurnalistik di GMIM Zebaoth Paniki Bawah Wilayah Mapanget I, Manado.

Dalam pertemuan tersebut, mereka diberi pemahaman tentang media online P/KB GMIM yang beberapa waktu lalu diresmikan. "Dipahami, ini sangat bermanfaat karena dengan website ini bisa saling berkomunikasi antar PKB GMIM," ujar Frangky Lawere (32), anggota PKB Kolom II  GMIM Zebaoth, saat bersua Tribun Manado, di sela acara tersebut, Sabtu (22/11).

Sebelumnya acara tersebut dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Ketua BPMJ GMIM Zebaoth Pendeta Sophia Wuisan Polii STh. Seusai ibadah dilanjutkan dengan sambutan unsur P/KB Sinode GMIM oleh Drs Jackried Maluenseng Msc yang juga Koordinator Bidang Litbang dan Infokom. Kemudian dilanjutkan materi dasar-dasar jurnalistik oleh Tommy Waworundeng, Wakil Direktur Manado Pos dan Marlon Sumarauw, Wakil Direktur Manado Pos.

Materi selanjutnya sosialisasi website pkb-gmim.com tersebut dengan pembicara dari Manajer Produksi Tribun Manado Aswin D Lumintang dan Pimpinan Redaksi Komentar Friko Poli yang juga selaku Ketua Pokja Infokom PKB GMIM. Materi terakhir yakni, teknik liputan dan menulis berita oleh Pnt Jemmy Saroinsong, Pemred Harian Metro didampingi Martino Limpong selaku moderator.

Friko berharap semua P/KB bersemangat dalam melakukan pelayanan terbaik kepada Tuhan melalui talenta yang diberikan masing-masing. "Saya bukan apa... Ini supaya ada spirit, tapi spirit pelayanan, bikan doi," terang Friko kepada peserta yang merupakan perwakilan-perwakilan PKB se-Kota Manado. Rencana ke depan, pihak Pokja akan membuat media cetak.

Dengan media cetak tersebut, menurutnya, bisa meningkatkan ekonomi gereja yang bisa dijual misalkan dengan harga Rp 2.000. "Kita kerja sama untuk memuliakan nama Tuhan," kata dia mengimbau kepada seluruh peserta supaya membuatkan berita yang bisa dimulai dari kolom masing-masing.

Meskipun berita tersebut yang cara menulisnya belum sempurna, mereka akang mengolahnya tanpa menghilangkan maknanya yang juga tidak menggangu pekerjaan utama. "Jujur saja, kami sesama media berbeda masing-masing berkompetisi tapi dalam PKB GMIM kami bersatu," tutur Friko kemudian diberi tepuk tangan meriah.

Setelah memberi sosialisasi, merek memberi kesempatan pada para peserta untuk bertanya. Beberapa pertanyaan pun diutarakan peserta namun berhasil dijawab pembicara.

Sedangkan Aswin menjelaskan, untuk mendapatkan iklan, website P/KB harus memiliki banyak visitor atau pengunjung. "Pengunjung bisa masuk ke website, antara lain masuk langsung atau melalui Facebook dan mesin pencari Google," terang pria ganteng berkulit putih ini.

Frangky, peserta Lokakarya Jurnalistik berharap, meski para peserta bisa mengoperasikan komputer, tapi banyak dari mereka belum paham cara menggunakan media online PKB GMIM tersebut. "Saya tahu menggunakan komputer, tapi terus terang saya tidak menggunakan web itu. Jadi saya harap perlu pelatihan untuk website itu," harapnya.

Acara ini ditutup secara langsung oleh Ketua P/KB Sinode GMIM, Stefa BAN Liow dengan dihadiri Ketua P/KB Jemaat GMIM Zebaoth Paniki Bawah, Pnt Novi Kaligis SE, Sekretaris P/KB Sinode GMIM, Herwyn Malonda dan undangan lainnya serta peserta.(pokja infokom)

Related

News Online 4172278317152435868

Posting Komentar

emo-but-icon

Renungan

Undangan

Undangan

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Berlangganan Artikel Kami

Masukkan alamat email:

Tertarik Beriklan? Kami Sediakan Di sini...

Mau Beriklan??? Hubungi???...0811438088/085256409555/08124301190
item