Iman Adalah Dasar


(Bacaan Alkitab Ibrani 11:1-16)

Hennie Maramis SPd K
(Guru Agama Kristen dan Kepsek SD GMIM Ranomerut)


Iman adalah dasar. Pengharapan serta bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat, namun melalui Iman membuat kita mengerti bagaimana Allah menciptakan alam semesta serta segala isinya.

KARENA Iman Abraham dan Sara mengikuti perintah Tuhan dan berkat Tuhan dinyatakan dengan memberi keturunan dalam usia lanjut.

Karena itu tujuan surat ini untuk menguatkan, meneguhkan iman orang kristen yang diperhadapkan dengan berbagai tantangan. Agar mereka tetap teguh dan tidak goyah, maka penulis menguraikan pemahaman iman kristen walaupun tidak mudah untuk memahaminya karena itu Ia memberi contoh tokoh penting dalam perjanjian lama.

Bagi penulis iman berkenaan dengan dua hal, yaitu hal-hal dimasa depan atau yang diharapkan dan hal-hal yang tidak kelihatan sehingga ia menjadi dasar atau penompang utama kehidupan kekristenan.

Pertama, Iman adalah satu kepastian mutlak, bahwa yang dipercaya itu benar dan yang diharapkan itu pasti akan datang. Iman bukan hanya menjelaskan apa yang dapat diamati oleh indra/mata tetapi apa yang diharapkan dan bukti dari apa yang belum dilihat, yaitu kehidupan kekal nanti. Imanlah yang membuat orang kristen percaya terhadap alam semesta.

Kedua, diciptakan oleh Allah sebagaimana kesaksian Alkitab (Kejadian). Hal ini merupakan sikap yang tidak boleh goyah, sebab tanpa suatu sikap yang penuh kesadaran dan kepastian terhahap Allah yang dinyatakan secara aktif, tidak mungkin orang berkenan kepada Allah.

Demikian juga Abraham yang menaati panggilan Allah untuk pergi ke tempat yang ia sendiri tidak tahu. Ini menggambarkan iman Abraham yang sudah siap dan berani menghadapi apa saja, iman yang mau melihat jauh melampaui dunia ini.

Sara dengan pengalaman dan kemenangan iman yang ajaib karena percaya pada suatu yang tidak masuk akal, yaitu akan mengandung dan melahirkan di usia lanjut.

Sepanjang hidup mereka, para leluhur Israel adalah orang asing di tanah asing tetapi menang oleh iman sebab meraka sadar, bahwa hiudp ini bukanlah suatu tujuan pada diri sendiri namun satu perjalanan.(*)

Related

Renungan 2045123848364645984

Posting Komentar

emo-but-icon

Renungan

Undangan

Undangan

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Berlangganan Artikel Kami

Masukkan alamat email:

Tertarik Beriklan? Kami Sediakan Di sini...

Mau Beriklan??? Hubungi???...0811438088/085256409555/08124301190
item